Sabtu, 15 November 2014

CARA MEMPERBAIKI MOTOR 1 PHASE

CARA MEMPERBAIKI MOTOR 1 PHASE


ALAT DAN BAHAN


A.Bahan-bahan penghantar listrik
·         Macam isolasi belitan yang digunakan adalah kawat email
·         Ukuran penampangnya :
1.    Kawat tembaga dengan luas penampang 0,30 mm
2.    Kawat tembaga dengan luas penampang 0,35 mm

B.Bahan-bahan pelindung
·         Isolasi untuk pelindung  alur mengunakan mika lembaran
·         Isolasi untuk membungkus kepala kumparan dari belitan atau kumparan-kumparan lain menggunakan lembaran kertas prespan hijau
·         Bahan pelindung kumparan pada alur akibat putaran atau gesekan rotor motor listrik menggunakan mika lembaran dan pasak

C.Alat-alat(bahan)/Perkakas tangan
·         Untuk membelit mesin-mesin motor listrik(stator motor listrik):
1.    Tang lancip
2.    Coil winding
3.    Gunting kertas/kain
4.    pukul kayu
5.    bilah(kayu
6.    cutter
7.    mal kayu
8.    pembatas mal
9.    klos.
·         Untuk macam bukan membelit :
1.    Solder
2.    Tinol
3.    Selongsong
4.    benang kasur.

D. Alat-alat mesin
·         mesin bor (kayu)

E. Alat-alat ukur listrik
·         Avo-meter
·         tang amper
·         tachometer
·         megger

F. Alat ukur mekanik
·         Mistar

·         micrometer.


LANGKAH KERJA


A.Proses pengukuran mika
·         Langkah pertama siapkan alat dan bahan
1.    Mika lembaran
2.    Gunting
3.    Penggaris
4.    Pensil atau spidol
·         Ukur panjang dan lebar pada alur motor (beri toleransi 2 mm)
·         Ukur panjang dan lebar mika sesuai dengan ukuran pada alur motor yang telah di ukur tadi
·         Kemudian potong (potong mika sesuai dengan jumlah alur pada motor)
·         Lipat sedikit kedua ujung mika yang telah dipotong tadi agar saat di pasang mika menempel dengan kuat
·         Lalu masukan mika tersebut ke alur motor dan pastikan mika terpasang dengan rapi dan kuat

B.Proses pembuatan cetakan lilitan motor
Setelah alur alur motor terisi dengan mika,langkah selanjutnya adalah mengukur panjang kawat email untuk alur:
·         KU1 (kumparan utama 1):
       1.    4-9
       2.    3-10
       3.    2-11
       4.    1-12
·         KU2 (kumparan utama 2):
       1.    16-21
       2.    15-22
       3.    14-23
       4.    13-24
·         B1 (kumparan bantu 1)
       1.    8-17
       2.    7-18
·         KB2 kumparan bantu 2)
       1.    6-19
       2.    5-20
Dengan catatan yang di ukur cukup 4 buah kumparan utama saja, karena kumparan bantu menggunakan ukuran no 3 dan 4 dari kumparan utama.
Setalah diukur,potong papan kayu berbentuk persegi dengan ukuran kelompok sama dengan panjang tembaga yang telah di ukur. Kemudian potong papan triplek berbentuk persegi dengan ukuran melebihi ukuran potongan papan kayu (tambah kurang lebih 2cm). Dari pengukuran tadi maka di peroleh mal dengan ukuran sisi :
·         Mal 1 : 4,5 cm x 5 cm            Keliling: 19 cm
·         Mal 2 : 6 cm x 6 cm               Keliling: 24 cm
·         Mal 3 : 6 cm x 7,5 cm            keliling: 29 cm
·         Mal 4 : 8,5 cm x 8,5 cm         keliling: 34 cm
Lubangi papan kayu dan triplek tepat di tengah-tengah dengan menggunakan bor dan beri sedikit cekungan setenngah lingkaran di 2 belah sisi papan kayu yang telah di potong dan dilubangi
Ratakan dan haluskan permukaan papan dengan kikir.

C.Proses pembuatan klos
·         Potong  kayu sesuai ukuran yang telah di tentukan
·         lalu bentuk menjadi lingkaran (buat 2 buah).
·         Setelah itu lubangi kayu tadi tepat di tengah dengan mengguakan bor.
·         Jika lubang terlalu kecil perbesar dengan menggunakan kikir.
·         Potong pipa pvc ukuran kecil dengan panjang 10cm.
·         Masukan pipa kedalam kayu yang sudah di lubangi tadi.

D. Proses pelilitan kumparan
·         Siapkan alat dan bahan untuk melilit kumparan
·         Masukan dan susun mal dan triplek pada alat melilit.
·         Lalu letakan bola kasur di mal dan triplek yang telah disusun pada alat melilit
·         Masukan kawat email pada mal lalu lilit/gulung kawat email tersebut dengan masing-masing kumparan berjumlah :
Kumparan utama :
     Ø  Mal 1 : 120 lilitan
     Ø  Mal 2 : 130 lilitan
     Ø  Mal 3 : 140 lilitan
     Ø  Mal 4 : 150 lilitan
Kumparan bantu :
     Ø  Mal 2 : 180 lilitan
     Ø  Mal 3 : 190 lilitan
·         Setelah selesai keluarkan lilitan dari mal
·         Susun kumparan yang telah di keluarkan lalu ikat masing-masing kumparan menggunakan bola kasur.
·         Periksa kumparan menggunakan AVOmeter di hawatirkan ada kumparan yang putus.
·         Jika ada kumparan yang putus sambungkan kembali menggunakan solder dan tinol.
·         Jika sudah terhubung semuanya maka kumparan siap digunakan/dipasang

E.Pemasangan kumparan pada alur
·         Masukan kumparan yang tadi kepada alur sesuai dengan ketentuan
       Kumparan utama




Ø  Kumparan bantu

  
·         Pakai bilah kayu untuk memudahkan memasukan kumparan pada alur
·         Jika sudah masuk, tutup alur dengan mika kembali agar kumpuran tidak keluar lagi
·         Sambungkan masing-masing kumparan :
        kumparan utama : alur 12 dengan 24
        Kumparan bantu : alur 18 dengan 6
·         Tutup sambungan menggunakan selongsong
·         Periksa kumparan menggunakan avo meter.
·         Jika terhubung maka kumparan tersebut bagus.
·         Pasang pasak pada setiap alur agar lilitan tidak keluar dari alurnya.
·         Kemudian sambungkan
Ø  Ujung kumparan utama (KU1 dan KU2) dengan kabel NYAF warna merah
Ø  Ujung kumparan bantu (KB1 dan KB2) dengan kabel NYAF warna hitam

F.Gambar rangkaian motor 1phase dan hasil pengukuran

v  Gambar rangkaian pengoprasian motor 1 phase (gambar penyambungan kumparan motor lirsrik dengan kapasitor dan sumber 220V)




Dari gambar tersebut dapat kita lihat cara penyambungannya yaitu:
Ø  Salah satu ujung kapasitor disambungkan dengan ujung kumparan utama
Ø  Ujung lainnya kapasitor disambungkan dengan ujung kumparan bantu
Ø  Ujung kapasitor yang disambungkan dengan kumparan utama disambungkan lagi dengan sumber
Ø  Ujung kumparan utama dan bantu yang lain disambungkan dengan sumber

v  Hasil pengukuran
·         Tahanan kumparan
Pengukuran tahanan kumparan menggunakan AVO meter
ü  KU1-KU2                    = 45 Ω (ohm)
ü  KB1-KB2                    = 40 Ω (ohm)
·         Tahanan isolasi
Pengukuran tahanan isolasi menggunakan megger (mega ohm meter)
   ü KU1-KB1                    = 1M Ω (ohm)
   ü KU1-body motor       = 0,6M Ω (ohm)
   ü KB1-body motor       = 0,6M Ω (ohm)
·         Arus
Pengukuran arus yang mengalir pada kumparan menggunakan Tang amper
   ü I KU1                           = 0,9 A (amper)
   ü I KB1                           = 0,3 A (amper)
   ü I KU1+KB1                 = 0,4 A (amper)
·         RPM
Pengukuran RPM (rotasi per menit) menggunakan Tachometer
ü  2932 Rpm.

HASIL PERHITUNGAN ALUR


ü  Kumparan utama 1 :
1.    Alur (4 – 9)      →awal
2.    Alur (3 – 10)
3.    Alur (2 – 11)
4.    Alur (1 – 12)    →akhir
ü  Kumparan utama 2 :
1.    Alur (16 – 21)  →akhir
2.    Alur (15 – 22)
3.    Alur (14 – 23)
4.    Alur (13 – 24)  →awal
ü  Kumparan bantu 1 :
1.    Alur (8 – 17)    →awal
2.    Alur (7 – 18)    →akhir
ü  Kumparan bantu 2 :
1.    Alur (20 – 5)    →akhir

2.    Alur (19 – 6)    →awal

GAMBAR BENTANGAN KAWAT




motor listrik 1 phasepun siap di gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar