Senin, 27 Oktober 2014

Manfaat Internet



Manfaat-manfaat internet


A. MAMFAAT INTERNET SECARA PROFIT

Seiring dengan perkembangan jaman banyak hal yang dapat diperoleh dari internet, mulai dari informasi,hiburan, bahkan uangpun bisa di dapat di internet. Cara mendapatkan uang dari internet itu bervariasi mulai dari membuka toko online (tempat jual beli online), jasa pembuatan web, periklanan dan masih banyak lagi, namun jika kita mau berjualan online perlu keberanian dan kepercayaan antara si seller dan si buyer agar tidak terjadi salah paham. 

B.  MANFAAT INTERNET NON PROFIT

1.      Dapat Menambah wawasan dan pengetahuan
Dengan internet kita bisa menjelajah dunia tanpa batas waktu dan ruang. Kita bisa mengetahui berita internasional secara cepat dan bisa mengetahui apa yang terjadi dibelahan bumi lain tanpa harus kesana. Bagi para pelajar juga sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di internet, dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru. Bukan hanya sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, atau semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana kedepannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju. 

2.      Sumber inspirasi 
Dapat menginspirasi kita dengan banyak ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha. Hal-hal yang tadinya tidak terpikirkan jadi terealisasikan dengan internet.  

3.      Sarana komunikasi 
Semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang yang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat. 

4.      Sumber penghasilan
Sudah sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat internet bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai internet marketing (misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Dan untuk informasi mengenai cara mencari uang di internet bisa lewat pencarian google.
Selain itu juga internet bermanfaat dalam berbagai bidang antara lain:
1.      Manfaat Internet dalam bidang Pendidikan
Internet mampu meringankan dunia pendidikan untuk memperoleh informasi dengan cepat serta terbuka, apalagi sebagian website online berbasis ensiklopedia layaknya wikipedia memberikan jutaan informasi yang terkait dengan dunia pendidikan. Hal ini pastinya amat menolong dunia pendidikan agar bisa lebih berkembang saat mengeksplorasi beragam informasi yang terkait dengan pendidikan.
Bukan hal yang sulit lagi untuk guru maupun siswa untuk mencari beragam referensi serta acuan untuk persoalan pendidikan yang mereka alami. Disamping itu, karena adanya internet, tiap-tiap sekolah atau instansi pendidikan bisa lebih leluasa serta gampang untuk menciptakan sesuatu perpustakaan online yang bisa dibuka oleh guru maupun siswa. Hal ini pastinya berikan keuntungan dari segi ekonomi yang lebih murah tetapi mempunyai fungsi serta tujuan yang sama.

2.      Manfaat Internet dalam bidang Kesehatan
Dengan adanya internet, penduduk bisa lebih cepat tahu beragam jenis penyakit. Kemudahan informasi ini bermanfaat untuk evaluasi penduduk bagaimana menghindar satu penyakit serta mengambil tindakan awal untuk sebagian penyakit-penyakit umum.
Disamping itu dari program kesehatan yang berbasis internet atau sering dimaksud e-health, adalah program yang sedang jadi sorotan dunia. Hal ini dipertegas oleh sebagian ahli kesehatan dunia, bahwasanya teknologi bisa menambah mutu kesehatan manusia.

3.      Manfaat Internet dalam bidang  Ekonomi
Teknologi serta sarana internet telah jadi sandaran utama untuk beberapa pebisnis di jaman saat ini. melewati berbagai media di internet beberapa pelaku usaha berlomba mempercepat sistem perkembangan usaha mereka.
Apalagi sebagian perusahaan menjadikan internet sebagai area utama sebagai tips saat melakukan riset pemasaran mereka. Analisa pasar yang mereka peroleh dari internet bisa menolong beberapa perusahaan untuk mengembangkan beragam produk cocok dengan keperluan serta keinginan pelanggan.



4.      Manfaat Internet dalam bidang Sosial

     Dengan adanya situs social networking, kita dapat berkomunikasi dengan berbagai orang di penjuru dunia, bahkan dengan teman lama dll.


5.     Manfaat Internet dalam bidang  Hiburan
     Rutinitas yang tiada henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan dimana saja begitupula di internet. Menonton video di youtube (http://www.youtube.com), mendengarkan lagu-lagu, bermain game yang ada di situs sosial networking (http://www.facebook.com ,
 

Demikian banyak manfaat internet untuk kehidupan manusia, karenanya ada internet makin cepat pertumbuhan-pertumbuhan di berbagai bidang, baik itu di bidang bisnis, pendidikan, sampai kesehatan. Tergantung kita untuk memilih  menggunakannya secara positif atau negatif. Semoga kita bisa mengambil yang terbaik dari perkembangan teknologi ini.




http://mega-savaira.blogspot.com/2011/10/manfaat-teknologi-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar